Audiophile Indonesia

Selamat Datang => Lounge Area => Topic started by: adeknyapwr on Apr 04, 2010, 20:48:53

Title: [EVENT] ANGKRINGAN BUDAYA: Bukti Nyata Bhakti Pemuda Peduli Budaya
Post by: adeknyapwr on Apr 04, 2010, 20:48:53
SEBAGAI WUJUD KEPRIHATINAN GENERASI MUDA TERHADAP BUDAYA INDONESIA SEKARANG, SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA MEMPERSEMBAHKAN !

ANGKRINGAN BUDAYA
Bukti Nyata Bhakti Pemuda Peduli Budaya



latar belakang:
INDONESIA, bangsa sekaligus negara kepulauan yang menyimpan keberagaman budaya, mulai dari bahasa, adat-istiadat, hingga berbagai kerajinan yang memiliki khas masing-masing daerah. Begitu banyak yang bisa dibanggakan dan diwariskan untuk generasi penerus bangsa ini. Begitu banyak hal yang bisa menjadikan Indonesia menjadi sebuah negara yang besar.

Saat ini, seiring berkembangnya teknologi, masyarakat semakin mudah untuk medapatkan informasi dari luar. Secara tidak langsung informasi yang mereka dapatkan mempengaruhi pemikiran dan cara hidup masyarakat. Mulai dari makanan, pakaian, pola hidup, dan banyak lagi. Namun masuknya kebudayaan dari luar seakan mulai menggeser keberadaan budaya asli Indonesia. Dan saat ini masyarakat lebih condong untuk memilih kebudayaan asing daripada budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang mereka.

Masih ingat di pikiran kita bagaimana dengan mudahnya budaya kita diklaim oleh negara lain untuk dipatenkan dan menjadi milik mereka. Masyarakat pun tak tinggal diam. Mulai dari anak muda hingga orang nomer satu di Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, ikut bereaksi ketika kasus tersebut muncul. Kita semua marah. Kita tidak ingin budaya kita diklaim oleh negara lain. Tapi mengapa harus ada kasus lebih dahulu sebelum timbul niatan untuk melestarikan budaya nenek moyang kita?

Siapa yang salah? Apakah pemerintah yang lupa untuk mematenkan budaya Indonesia? Apakah gara-gara munculnya kebudayaan asing di Indonesia? Atau masyarakat yang belum tergerak untuk melestarikan budaya Indonesia?


PUNCAK ACARA :
OPERA SUTAWIJAYA



ANGKRINGAN BUDAYA
Bukti Nyata Bhakti Pemuda Peduli Budaya

Belum puas dengan berbagai kegiatan yang selama ini telah sukses diselenggarakan, SMA Negeri 3 Yogyakarta kembali mempersembahkan kegiatan yang tak kalah menarik. Kali ini bertema budaya dengan tajuk ’Angkringan Budaya: Bukti Nyata Bhakti Pemuda Peduli Budaya,’ yang akan diselenggarakan 4-10 April 2010. Kegiatan ini merupakan kristalisasi pemikiran siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta yang merasa bahwa budaya Indonesia dan Yogyakarta pada khususnya, mulai terkikis oleh budaya asing, dan sudah saatnya dibangkitkan kembali. “Angkringan Budaya” adalah sebuah perwujudan nyata dari gerakan peduli budaya dan bertujuan untuk mengajak masyarakat luas dan generasi muda untuk kembali melestarikan budaya Indonesia.

“Melukis Bersama dengan Media Batik,” merupakan pembuka dari rangkaian acara “Angkringan Budaya.” Kegiatan yang akan menghasilkan 100 karya seni lukis batik oleh siswa dari seluruh SMA di Yogyakarta dilaksanakan di trotoar Benteng Vredeburg pada tanggal 4 April 2010. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa “batik” yang merupakan warisan adiluhung nenek moyang Bangsa Indonesia dapat dikembangkan menjadi media ungkap/berekspresi (seni lukis) seperti halnya media cat minyak, cat air, akrilik, dll. Kegiatan yang merupakan kerjasama SMA Negeri 3 Yogyakarta dengan Yayasan Amri Yahya ini, akan dihadiri Walikota Yogyakarta H. Heri Zudianto yang akan turut berbaur melukis bersama dengan media batik.

Tidak hanya itu, pada tanggal 4-8 April 2010 di trotoar Benteng Vredeburg akan digelar “Pameran Fotografi Patilasan Bumi Mataram” untuk menunjukkan betapa tingginya tinggalan budaya Mataram dan pada tanggal 7 April di Pendopo Wiyatapraja akan diadakan sarasehan kebudayaan bertema “Kebangkitan Pemuda - Kebangkitan Budaya”.

Sebagai puncak sekaligus penutup kegiatan “Angkringan Budaya,” pada 9-10 April 2010 di Concert Hall - Taman Budaya, Yogyakarta, akan dipentaskan ”Opera Sutawijaya.” Sebuah pementasan teater tentang perpindahan kekuasaan tanpa pertumpahan darah dari Pajang ke Mataram, yang akan mengingatkan kita pada pepatah Jawa: ngluruk tanpa wadya bala, menang tanpa ngasorake.


CIPTAKAN AKSIMU, UNTUK BUDAYAMU, UNTUK BANGSAMU


info lebih lanjut :
http://angkringanbudaya.blogspot.com/

join group kami di facebook :
ANGKRINGAN BUDAYA

untuk liat poster bisa diliat di forum sebelah
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3763774

datang ke angkringan budaya sman3 yogyakarta yaaaah
Title: Re: [EVENT] ANGKRINGAN BUDAYA: Bukti Nyata Bhakti Pemuda Peduli Budaya
Post by: Leopard on Apr 04, 2010, 23:32:24
Wah anak 3 Jogja ya? Lumayan punya beberapa temen alumni situ. Menurut gw di Jogja cuma dua SMA yang bagus: SMAN 1 Jogja & 3 Jogja :D.

Bagus juga tujuan dari acaranya untuk mempertahankan eksistensi budaya kita, gw sih mendukung eksistensi budaya Indonesia, tapi kalo budaya Indonesia yang mistis2 sih, hmm.. ngga deh :merdeka:

Oya, masukan dikit ni, mungkin infonya dikasih gambar dan dibikin simple dikit. Posternya sekalian aja taro juga di sini.

Gutluck acaranya buat anak 3!

pepatah Jawa: ngluruk tanpa wadya bala, menang tanpa ngasorake.

Btw, pepatah Jawa di atas artinya apa yah? :D
Title: Re: [EVENT] ANGKRINGAN BUDAYA: Bukti Nyata Bhakti Pemuda Peduli Budaya
Post by: chonchon on Apr 05, 2010, 00:12:17
ngluruk tanpa wadya bala, menang tanpa ngasorake.
terj: menyerbu tanpa pasukan, menang tanpa merendahkan :D

fiuh... aku kira bahasa jawaku dah luntur. :))
Title: Re: [EVENT] ANGKRINGAN BUDAYA: Bukti Nyata Bhakti Pemuda Peduli Budaya
Post by: oktavianus on Apr 05, 2010, 00:27:48
ing ngarso sung tulodo
ing madyo mangunkarso
tut wuri handayani

:merdeka:

good luck ts, bener tuh lestarikan budaya, jangan sampe kita ngerasa ga punya sesuatu sebelum semuanya hilang :)
Title: Re: [EVENT] ANGKRINGAN BUDAYA: Bukti Nyata Bhakti Pemuda Peduli Budaya
Post by: Leopard on Apr 05, 2010, 01:08:58
ngluruk tanpa wadya bala, menang tanpa ngasorake.
terj: menyerbu tanpa pasukan, menang tanpa merendahkan :D

fiuh... aku kira bahasa jawaku dah luntur. :))

Oh i see bro, thanks yak.. Ada kata "Wadya Bala" jadi inget Prambors Jakarta, kru2nya dipanggil wadya bala..

ing ngarso sung tulodo
ing madyo mangunkarso
tut wuri handayani

Artinya paan tuh Ta? :D
Title: Re: [EVENT] ANGKRINGAN BUDAYA: Bukti Nyata Bhakti Pemuda Peduli Budaya
Post by: oktavianus on Apr 05, 2010, 01:17:55
ing ngarso sung tulodo artinya  yang di depan memberi teladan
ing madyo mangunkarso artinya  yang di tengah memberi tuntunan/ikut membantu
tut wuri handayani artinya yang di belakang mengikuti/mensupport yang didepannya

ah, lu masa lupa ama slogan Ki Hajar Dewantoro :alis:
payah lo ah :))
Title: Re: [EVENT] ANGKRINGAN BUDAYA: Bukti Nyata Bhakti Pemuda Peduli Budaya
Post by: Leopard on Apr 05, 2010, 01:20:24
ing ngarso sung tulodo artinya  yang di depan memberi teladan
ing madyo mangunkarso artinya  yang di tengah memberi tuntunan/ikut membantu
tut wuri handayani artinya yang di belakang mengikuti/mensupport yang didepannya

ah, lu masa lupa ama slogan Ki Hajar Dewantoro :alis:
payah lo ah :))

YUP betul! :D Gw ngetes elo aja :alis:
Title: Re: [EVENT] ANGKRINGAN BUDAYA: Bukti Nyata Bhakti Pemuda Peduli Budaya
Post by: oktavianus on Apr 05, 2010, 01:24:32
hahahahha, gini2 ... biar mantan anak IPA, sejarah ama ekonomi megang coy, cuma akuntansi tolol gw :))
Title: Re: [EVENT] ANGKRINGAN BUDAYA: Bukti Nyata Bhakti Pemuda Peduli Budaya
Post by: wahyuwahyu on Apr 05, 2010, 07:18:38
wow..ada anak padmanaba yg join au-id juga.. :D
emg sma3 selalu bikin acara2 yg menarik tiap tahunnya.
sebagai alumni sana jadi bangga.. :alis:

Title: Re: [EVENT] ANGKRINGAN BUDAYA: Bukti Nyata Bhakti Pemuda Peduli Budaya
Post by: ndang_nding_ndeng on Apr 05, 2010, 08:02:32
maju terus, semoga sukses eventnya.
pokoke rawe rawe rantas malang malang putung :D
Title: Re: [EVENT] ANGKRINGAN BUDAYA: Bukti Nyata Bhakti Pemuda Peduli Budaya
Post by: naughty_boy on Apr 05, 2010, 08:13:13
wadu, eventnya di jogja, kalo ada di jakarta saya pasti dateng de....
Title: Re: [EVENT] ANGKRINGAN BUDAYA: Bukti Nyata Bhakti Pemuda Peduli Budaya
Post by: adeknyapwr on Apr 05, 2010, 20:09:59
ayo ayo, puncak acara teater jubah macan sman3 yogyakarta
pada 9-10 April 2010 di Concert Hall - Taman Budaya, Yogyakarta, akan dipentaskan ”Opera Sutawijaya.” Sebuah pementasan teater tentang perpindahan kekuasaan tanpa pertumpahan darah dari Pajang ke Mataram, yang akan mengingatkan kita pada pepatah Jawa: ngluruk tanpa wadya bala, menang tanpa ngasorake.
tiket bsa dibeli di tiket box taman budaya, 1-8 april
operanya dua kali
jumat ma sabtu
jangan lupa juga datang ke pameran fotografi patilasan bumi mataram di benteng vredeburg. 4-8 april
ANGBUD(angkringan budaya)
opera sutawijawa
Title: Re: [EVENT] ANGKRINGAN BUDAYA: Bukti Nyata Bhakti Pemuda Peduli Budaya
Post by: Jilon on Apr 05, 2010, 20:23:18
Waahhh... Pengen dateng... Tapi jauh bener...
Sukses bro acaranya.. Gw demen dah nih kalo anak2 muda pada merhatiin budaya.. :D