Audiophile Indonesia

Harmony in Creativity => Elektronika umum => Topic started by: iQEM on Mar 14, 2008, 13:23:07

Title: Gimana cara pake multimeter?
Post by: iQEM on Mar 14, 2008, 13:23:07
Moved from "(help) kok DIY Ampku suaranya kecil ya?" (http://www.audiophile-id.com/index.php/topic,354.0.html)

nah, bro ajarin cara ngukur pake Multitester dong...gw juga butuh belajar tuh kayanya... :-[
Title: Gimana cara pake multimeter?
Post by: Ron on Mar 14, 2008, 14:43:20
Quote from: iQEM
nah, bro ajarin cara ngukur pake Multitester dong...gw juga butuh belajar tuh kayanya...

Mmm... sebenernya ngga susah kok bro.

Pada dasarnya kita cuma perlu tau sedikit elektro (sedikiiitttt banget udah cukup, ngga usah banyak2x), trus lihat multimeter yg dipake bisa ngukur nilai apa aja, udah gitu aja.

Contoh sederhana: bro mau ngetest resistor. Bro musti tau dulu resistor itu apa? Sederhananya dia fungsinya sebagai tahanan (tapi bukan tahanan polisi looh), yg nilainya diukur dalam satuan Ohm.

Nah, bro tinggal nge-set deh selector multimeter ke posisi Ohm. Trus tempelin kedua probe multimeter ke masing2x kaki resistor. Multimeter akan mengalirkan arus listrik ke resistor tsb sehingga nilai tahanannya bisa kita ketahui.

Ini ada video tutorial (http://tangentsoft.net/elec/movies/tt06.html) tentang bagaimana mengunakan multimeter.
Title: Re: Gimana cara pake multimeter?
Post by: kusoboZu on Mar 14, 2008, 16:22:26
multi yg analog ape jarum?
bener kata ^^gue. tinggal colok & puter.
Title: Re: Gimana cara pake multimeter?
Post by: dytln_02 on Mar 17, 2008, 15:30:29
Moved from "(help) kok DIY Ampku suaranya kecil ya?" (http://www.audiophile-id.com/index.php/topic,354.0.html)

nah, bro ajarin cara ngukur pake Multitester dong...gw juga butuh belajar tuh kayanya... :-[
boss buku manualnya dibaca dong.. tiap multimeter kan sendiri-sendiri. harus masuk yg mana.. colokannya.
Title: Re: Gimana cara pake multimeter?
Post by: iQEM on Mar 17, 2008, 15:47:23
oh, beda2 ya bro ? manualnya bahasa planet bro... :-X maklum murah meriah... :-[
Title: Re: Gimana cara pake multimeter?
Post by: dytln_02 on Mar 17, 2008, 16:02:51
oh, beda2 ya bro ? manualnya bahasa planet bro... :-X maklum murah meriah... :-[

yup...
Kecuali cuman 2 lubang colokan utk Kabel... , puter saklar pemilihnya liat aja mana yg tampil bener ... paling sekring rusak kalau dikasih sekring lho .. bisa jadi kalau yg murmer tanpa sekring..hehe...

kalau 3 colokan utk ukur DC Ampere Besar biasa berbeda....harus colok dimana kabelnya 


Title: Re: Gimana cara pake multimeter?
Post by: iQEM on Mar 17, 2008, 16:24:29
cuma 2 lubang bro ke kabelnya, warna item&merah... :) nah, satuannya itu yg gw masih bingung...gw jadinya pake buzz terus kalo ngecek bener/ngganya...yg bunyi tiiiit, gitu... :D
Title: Re: Gimana cara pake multimeter?
Post by: kusoboZu on Mar 18, 2008, 09:41:45
^^ potonye dunk..
 :D