Audiophile Indonesia

Author Topic: Alessandro MS1i - Alessandro MS1e FAQ...!!  (Read 4889 times)

Offline alvon_19

  • Sponsor Jaben
  • Audiophilia
  • ****
  • Posts: 3191
  • Gender: Male
  • Jaben Network Indonesia
    • Jaben Indonesia
Alessandro MS1i - Alessandro MS1e FAQ...!!
« on: Jul 30, 2014, 15:34:05 »
Hi Guys and Girls,

Kebetulan lagi santai, jadi bisa nulis artikel singkat yang seringkali ditanyakan oleh banyak orang...:P

1. Alessandro itu apa sih, sejarahnya gimana?
Alessandro basisnya adalah perusahaan yang bergerak di pembuatan amplifier gitar high end, di mana produknya banyak dipake oleh musisi kelas atas di dunia (salah satu pengguna setianya adalah Eric Clapton). Nah dari amplifier gitar high end itulah, banyak dari penggunanya yang meminta ke Alessandro untuk membuat headphone dengan karakter sama dengan amplifier gitar buatannya supaya bisa dipake pada saat touring.

2. Alessandro dan Grado, hubungannya gimana?
Dari riset berbagai merk headphone dan berbagai jenis driver headphones, akhirnya terpilih Grado sebagai basis design utamanya karena menurut Alessandro, penggunaan Grado headphone yang paling mirip dengan karakter asli amplifier gitar bikinannya.

3. Berarti Alessandro dan Grado sama suaranya?
Alessandro selalu punya warna suara lebih warm dengan qty bass lebih banyak dan treble less harsh (lebih tidak menusuk) dibanding Grado. Hal ini yang menjadikan Alessandro lebih gampang dinikmati oleh kebanyakan orang daripada Grado. Tapi kembali lagi ke pertanyaan apakah lebih banyak bass dan less harsh treblenya (lebih tidak menusuk) berarti lebih enak dan lebih bagus daripada Grado? Belum tentu, karena ini kembali lagi ke selera dan kebutuhan dari penggunanya sendiri.

Tapi secara umum, dapat dianalogikan dengan aman bahwa Alessandro adalah tuner dari Grado. Seperti BMW dengan M Division atau Mercy dengan AMG...:)

4. Driver yang dipake di Alessandro dari Grado tipe mana?
Pada saat sebelum driver baru (e series) dikenalkan, berikut daftar driver yang digunakan oleh Alessandro :
- Alessandro MS1i - Grado SR125i
- Alessandro MS2i - Grado SR325i
- Alessandro MS-Pro - Grado RS1i

Ada banyak perdebatan terutama mengenai jenis driver yang dipakai di Alessandro MS1i, apakah menggunakan driver dari Grado SR80i ataupun SR125i :
- Tidak ada keterangan resmi yang menyatakan bahwa Alessandro MS1i menggunakan driver dari Grado SR80i ataupun Grado SR125i
- Secara spec sheet dari Grado, Grado SR80i dan SR125i memiliki spec yang sama kecuali Grado SR125i menggunakan UHPLC wire di internal drivernya
- Dan di spec sheet dari Alessandro MS1i, drivernya juga menggunakan UHPLC wire (di mana tipe Grado SR60i dan Grado SR80i tidak menggunakan UHPLC wire ini, dan mulai digunakan di Grado SR125i ke atas)
- Dengan menggunakan fakta UHPLC wire ini, maka kita bisa menarik kesimpulan bahwa Alessandro MS1i menggunakan driver yang sama dengan Grado SR125i

5. Bagaimana dengan Grado e-statement yang baru (red driver), apakah Alessandro pake driver baru juga?
Alessandro yang baru sudah menggunakan driver yang baru dari Grado juga (red driver).

6. Tapi apakah Alessandro e series menggunakan driver yang sama seperti Alessandro generasi sebelumnya (MS1e = SR125e, MS2e = 325e, MS-Pro e = RS1e)?
Sekali lagi tidak ada jawaban yang pasti untuk ini, kecuali asumsi seperti di atas.

7. Yah, jangan-jangan Alessandro MS1e yang baru cuman pake driver sama kyk Grado SR80e berarti downgrade dunk dibanding sebelumnya?
Secara spec, Grado SR80e dan SR125e sama persis (informasi di web cukup terbatas karena ini produk baru, dan info ini berdasarkan dari website resmi Grado sendiri). Walaupun secara spec sama persis, tidak mungkin apabila pabrikan mengeluarkan 2 line up yang berbeda tanpa adanya final tuning (jenis kabel yang dipake, jenis lapisan jack yang dipake, dll). Final tuning di sini yang akan membedakan secara signifikan terhadap hasil suara final yang dihasilkan.

Seandainya Alessandro MS1e menggunakan driver dari Grado SR80e (yang tentunya dituning ulang oleh Alessandro), ini tentunya bukan downgrade yang berlebihan, secara spec yang digunakan antara Grado SR80e dan Grado SR125e sama. Tapi apabila Alessandro MS1e menggunakan driver dari Grado SR125e, inipun juga bukan keuntungan signifikan dibanding Grado SR80e (secara spec driver yang digunakan sama dan perbedaan di final tuning). Mohon diingat bahwa pembeda utama di UHPLC wire yang digunakan di Grado SR125i dibandingkan seri di bawahnya (Grado SR80i) tidak lagi disebutkan di Grado e series yang baru ini.

Untuk Alessandro MS1e sendiri, tentunya ini kembali lagi ke selera masing-masing dan ke keperluan dari pendengarnya. Apabila membutuhkan warna suara yang lebih bassy dan treble less harsh dari  Grado, bisa memilih Alessandro (tentunya akan ada hot bundles untuk Alessandro seperti biasa). Tapi apabila membutuhkan detail, better clarity dan lesser bass, line up Grado akan lebih baik dalam hal ini dibandingkan Alessandro.

8. Jadi lebih baik beli yang mana neh : Alessandro MS1e atau Grado SR80e atau Grado SR125e?
Ini kembali menjadi pertanyaan yang sangat klise....seperti menanyakan lebih enak bawa BMW M3 E46, BMW 320i E92, atau BMW 325i E92? Kembali lagi dasar penilaian berpulang ke selera dan kebutuhan masing-masing pendengar. Dengan kelebihan Alessandro di tuning suara yang lebih bassy, less harsh treble (yang bisa jadi tidak disukai oleh calon pembeli) + adanya super hot bundles dari Jaben bisa dijadikan bahan pertimbangan utama.

Untuk Grado dengan kelebihan di level detail, clarity, tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pendengar dan selera pribadi masing-masing.

Akhir kata, baik Grado maupun Alessandro adalah sebuah produk yang sangat baik. Perdebatan mengenai mana yang lebih baik dan mana yang harus dibeli akan selalu ada dan tidak bisa dihilangkan. Tapi kembali lagi, selalu jatuhkan pilihan dengan objektif berdasarkan penilaian sendiri (trust our own ears) tanpa harus kuatir dengan pendapat orang lain maupun review manapun...:D

Happy holiday and stay tuned for other interesting articles...:D

Thanks

Alvon
ACS Custom, AKG, Alessandro, ALO, Audio Technica, Bauxar, Beyerdynamic, Centrance, Corda, Crossroads, Denon, Earsonics, Final Audio, Fiio, Fostex, Futuresonics, Goldring, GoVibe, Grado, Graham Slee, Headamp, Head-Direct , Hippo, Jays, JH Audio, JVC, Klipsch, Koss, Lavry, Linearossa, Livewire, Marshall, Ordnance, Ortofon, Phonak, RSA, Rudistor, Sennheiser, Sherwood, Shure, Sony, Ultimate Ears, Westone, Yamamoto

For any enquiries :
Email       : alvon@jaben.net (fast reply)
Call/sms   : 0812-3000-2005 (ultra fast reply)
Whatsapp : 0812-3000-2005
Facebook  : Jaben Indonesia
Twitter     : JabenIndonesia
Website    : www.jaben-indo.com

Weekly Lucky Draw : http://jaben.net/forums/index.php?board=150.0

Offline kedip3x

  • Newbie
  • Posts: 63
  • Gender: Male
Re: Alessandro MS1i - Alessandro MS1e FAQ...!!
« Reply #1 on: Jul 30, 2014, 21:49:48 »
Cakep

Offline dragonbell

  • Contributor
  • *
  • Posts: 657
  • Gender: Male
  • I love my orthos
Re: Alessandro MS1i - Alessandro MS1e FAQ...!!
« Reply #2 on: Aug 01, 2014, 10:41:10 »
Wah....lengkap! very usefull information!
Thx Alvon
God wants you listening more than talking that's why you have two ears and only one mouth!

Agus Nagaginta Wibowo - Samarinda
HP. 0816513430

Offline AtenXL

  • Advanced Member
  • **
  • Posts: 139
  • Gender: Male
Re: Alessandro MS1i - Alessandro MS1e FAQ...!!
« Reply #3 on: Aug 01, 2014, 11:42:20 »
Mantab om alvon.... :D
Buat accecories kaya pad ada planning masuk ga nih?  :D